TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA,SEMOGA BISA BERMANFAAT BAGI ANDA

Sedikit penjelasan tentang Definisi Scanner

Diposkan oleh chimplunk on Jumat, 02 Maret 2012

Peripheral Scanner  merupakan salah satu peralatan yang digunakan untuk melakukan entry data grafis ke dalam sistem komputer. Image scanner melakukan pemindaian (scan) suatu obyek gambar atau dokumen dan mengkonversinya ke dalam bentuk digital.

Scanner dapat dijalankan dengan 1-bit (binary digit / angka biner), 8-bit (256 warna), dan 24 bit (lebih dari 16 juta warna), menggunakan scanner dengan bit yang besar, maka akan diperoleh kwalitas yang lebih baik.

Scanner dapat bekerja dengan dilengkapi peralatan tambahan yaitu :
  1. Kabel data . Digunakan untuk menghubungkan antara scanner dengan komputer. Dua jenis kabel data yang sering digunakan dalam scanner yaitu : USB (Universal Serial Bus) atau Parallel.
  2. Power Supply . Menghubungkan scanner dengan sumber listrik. Terdiri dari adaptor dan kabel penghubung tegangan ke scanner.
Faktor utama dalam pemilihan scanner adalah :
  1. Dynamic range (rentang nada) yaitu banyaknya gray level (tingkat abu-abu) dari bagian paling terang dan paling gelap di dalam suatu gambar.
  2. Mata dari scanner atau CCD (charge-coupled device) yang menentukan banyaknya data yang dapat ditangkap oleh scanner

Ada 2 macam type Scanner yaitu :
  1. Magnetic Ink Character Recogniton (MICR) Reader
  2. Optical Macnetic Reader (OMR)

Scanner beroperasi dengan cara:
  • Sumber cahaya menerangi gambar atau objek yang di pindai, area kosong atau berwarna putih akan memantulkan lebih banyak cahaya dibanding dari pada area yang berwarna.
  • Motor bergerak memindai dibawah objek, ketika scanhead sedang bergerak scan menangkap cahaya yang dicerminkan dari area yang dipindai dengan ketelitian 1/90,000 inci.
  • Pantulan cahaya dari cermin secara kontinu berputar untuk menyimpan  berkas cahaya melalui suatu sistem .
  • Lensa memfokuskan berkas cahaya ke dalam dioda peka cahaya yang menterjemahkan jumlah cahaya ke dalam suatu arus elektrik. Jumlah arus tergantung pada jumlah cahaya yang dicerminkan, semakin besar semakin jumlah cahaya yang dicerminkan semakin besar semakin arus yang dihasilkan.
  • Konverter analog ke digital (A-D) mengubah pembacaan analog dari tegangan ke dalam data bit-bit digital yang mewakili salah satu area hitam atau putih. 
  • Informasi digital dikirim ke komputer selanjutnya diterjemahkan ke dalam suatu format file grafik.

{ 0 komentar... silahkan berkomentar sesuka anda...bebas tapi sopan,terima kasih anda telah berkomentar add one }

Poskan Komentar