TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA,SEMOGA BISA BERMANFAAT BAGI ANDA

Peripheral Printer

Diposting oleh chimplunk on Jumat, 02 Maret 2012

1.DEFINISI PRINTER

Peripheral Printer adalah alat untuk mencetak data yang dikirimkan oleh komputer. Data yang dikirimkan dapat berupa tulisan, tabel, gambar maupun foto.
Printer dapat bekerja dengan dilengkapi peralatan tambahan yaitu :
  1. Kabel Data
    Digunakan untuk menghubungkan antara printer dengan komputer. Dua jenis kabel data yang sering digunakan dalam printer yaitu : USB ( Universal Serial Bus) atau Parallel.



  2. Power Supply 
    Menghubungkan printer dengan sumber listrik. Terdiri dari adaptor dan kabel penghubung ke printer.



Bagian-bagian printer:
  1. Casing printer
  2. Panel operator
  3. Tempat kertas masuk
  4. Tempat kertas keluar
  5. Penutup depan
 Beberapa Istilah dalam printer

Drum Bagian dari printer laser yang digunakan untuk memutar toner ke sebuah halaman. Ini kadang-kadang tersertakan bersama kartrid toner.



Parallel port Soket tunggal di bagian belakang PC yang biasanya digunakan untuk berhubungan dengan printer atau scanner.


Toner Tinta serupa bubuk yang digunakan dalam printer laser atau fotokopi. Sebagian besar tipe toner adalah karsinogenik.



USB Singkatan dari Universal Serial Bus. Standar koneksi yang cepat dan mudah dari periferal eksternal seperti printer dan scanner ke PC Anda




Resolusi Jumlah detil yang terlihat pada gambar, entah itu di layar monitor atau di hasil cetak. Untuk printer dan scanner, resolusi diukur dengan satuan dot per inci (dpi) - jumlah titik tinta atau toner dalam satu inci persegi.

Jenis-jenis Printer


Printer Dot Matrik
Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal `bandel` (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.

Printer Laser Jet
Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.





Printer Inkjet
Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer 
Prinsip yang utama suatu pencetak laser adalah keelektrikan statik, yang sama energi yang membuat alat pengering tetap bersatu .Keelektrikan statik adalah hanya suatu [beban/ tugas] yang elektrik penuh dibatasi obyek, yang dibebankan tertarik untuk satu sama lain, object dengan bidang keelektrikan statik kebalikan melekat bersama-sama.
Suatu pencetak laser digunakan  sebagai sort;jenis dari " lem yang temporer." Komponen inti dari sistem ini adalah photoreceptor, secara khas suatu silinder atau drum yang berputar. Perakitan drum ini dibuat dari material photoconductive yang dipisah oleh satuan energi dalam cahaya .

{ 3 komentar... silahkan berkomentar sesuka anda...bebas tapi sopan,terima kasih anda telah berkomentar add one }

Unknown mengatakan... Reply Comment

SAYA MASIH BINGUNG DENGAN APA YANG DISEBUT DENGAN PHERIPHERAL
SAYA MENDAPATKAN TUGAS UNTUK MEMBUAT PHERIPHERAL
TAPI SAYA BINGUNG...
MEMBUATNYA DENGAN BENTUK APA ?
TOLONG DI KASIH JAWABANNYA
TERIMA KASIH SESUDAH DAN SEBELUMNYA

chimplunk mengatakan... Reply Comment

@apotik hidup:Peripheral adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing. Ada berbagai jenis peripheral dengan berbagai tugasnya.
contoh: keyboard,mouse,printer,scanner dan hardware lain.
kalau boleh tau tugas apa ya....??
makalah atau gmna....??

Unknown mengatakan... Reply Comment

@chimplunk:peripheral dalam bentuk app ada apa tidak?

Posting Komentar